Rakor Pengembangan Industri Pariwisata di Humbahas

Pemkab Humbahas melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melaksanakan rakor (rapat koordinasi) terkait pengembangan industri pariwisata di kabupaten tersebut.

topmetro.news – Pemkab Humbahas melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melaksanakan rakor (rapat koordinasi) terkait pengembangan industri pariwisata di kabupaten tersebut.

Rakor berlangsung, Jumat (10/11/2023), di Ruang Rapat Kantor Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, dengan menghadirkan Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen, Kemenparekraf Yuke Sri Rahayu.

Hadir dalam rakor, Asisten Pemerintahan dan Kesra Jaulim Simanullang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Martogi Purba, Asisten Administrasi Umum Tua Masatti Marbun, Kadis Parpora Jakkon H Marbun, Kadis Kopenaker Nurliza Pasaribu, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, dan dinas terkait. Turut juga hadir Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Seribu Gua dari Pakkat dan Tipang Nauli Baktiraja.

Jaulim Simanullang mengucapkan terimakasih atas kehadiran Yuke Sri Rahayu dan rombongan di Kabupaten Humbahas yang berada di wilayah Danau Toba. Pemerintah Pusat telah menetapkan Danau Toba salah satu daerah tujuan wisata dan destinasi wisata superprioritas, termasuk di dalamnya daerah Humbahas. Potensi alam sudah tersedia, tinggal bagaimana cara membenahi, mengelola industri pariwisata tersebut secara berkelanjutan.

“Kehadiran Ibu Yuke di sini sangat berharga. Berikan kepada kami Bu, resep dalam pengembangan industri pariwisata di Humbang Hasundutan,” harap Jaulim Simanullang.

Yuke mengatakan, dalam pengembangan industri pariwisata sangat penting kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan daerah, termasuk juga elemen masyarakat.

“Sumber daya alam di Danau Toba sangat luar biasa. Tinggal bagaimana kita berinovasi, bersinergi. Sudah saatnya berkolaborasi dalam pengembangan pariwisata demi percepatan ekonomi kerakyatan. Pemerintah juga harus berkolaborasi dengan akademisi, perguruan tinggi untuk melakukan riset. Potensi-potensi apa yang sangat perlu dikembangkan. Kita harus belajar. Buka wawasan untuk pengembangan ekonomi kreatif,” jelas Yuke.

Sebagai tanda kehormatan atas kehadirannya di rakor pengembangan pariwisata tersebut, Pemkab Humbahas kemudian memberikan cendramata berupa Ulos kepada Yuke Sri Rahayu.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment